Pucuk Mistik Bersemayamnya Raja Timor

Pucuk Mistik Bersemayamnya Raja Timor

Pucuk Mistik Bersemayamnya Raja Timor – Untuk yang hoby bertualang, Gunung Mutis menjadi alternative opsi wisatanya.

Gunung ini mempunyai pemandangan mengagumkan cantik hingga membuat pengunjung kerasan habiskan waktu lama-lama di pucuk.

Gunung Mutis, Pucuk Mistik Bersemayamnya Beberapa Raja Timor

Menurut Legenda yang berkembang, Pucuk Mutis sebagai tempat di mana beberapa raja-raja Timor mengulas dan membagikan daerah kekuasaan. Saat semua raja sudah mendapatkan daerahnya masing-masing karena itu berbicaralah mereka Mutis yang bermakna komplet.

Baca Juga: Monumental Kota Lama Semarang

Gunung Mutis sendiri memilki tiga pucuk yaitu Nuaf Muna, Nuaf Nefomasi dan Nuaf Nupala. Tempat seputar gunung ini sebagai teritori rimba yang banyak tanaman ampupu dan cendana. Selanjutnya walau tidak banayak tetapi di tempat ini juga tumbuh tanaman yang lain seumpama paku-pakuan dan bonsai.

Secara administratif, Gunbung mutis ada di di Kecamatan Fatumnasi dan Kecamatan Tobu Kabupaten Timor tengah Selatan, Propinsi Nusa Tenggara Timur. Posisi gunung Mutis, dari kota kupang seputar 150 km. Untuk mendaki Rekreasi Timor tengah Selatan gunung Mutis ini, pengunjung tidak dikenai Ongkos ticket masuk.

Posisi Pucuk Mistik Raja Timor Gunung Mutis

Secara administratif, Gunbung mutis ada di di Kecamatan Fatumnasi dan Kecamatan Tobu Kabupaten Timor tengah Selatan, Propinsi Nusa Tenggara Timur.

Jalur Ke arah Gunung Mutis

Untuk pelancong yang akan bertandang ke gunung Mutis harus menjuju ke Kota Soe dahulu. Bila dari Kupang perjalalan akan memerlukan waktu seputar 3-4 jam. Jarak Kota Soe ke Fatumnasi (gunung Mutis) seputar 40 km. Waktu pintas jika tanpa berhenti-berhenti seputar 3 jam. Waktunya menjadi lama, karena medan jalan yang masih belum baik.

Jam Membuka Gunung Mutis

Untuk berekreasi di teritori rekreasi Alam Fatumnasi NTT ini pengunjung tak perlu mencemaskan masalah jam membuka. Posisi cantik ini terbuka 24 jam untuk didatangi. Apa lagi disitu ada pemondokan, yang diatur oleh kepala tradisi/ juru kunci gunung.

Ticket Masuk Pucuk Mistik Raja TimorGunung Mutis

Untuk mendaki gunung Mutis, pengunjung tidak dikenai Ongkos ticket masuk.

Sarana Gunung Mutis

Sarana yang dapat ditemui saat bertandang ke gunung Mutis ialah Lopo Mutis, yakni pemondokan berbentuk beberapa rumah bundar dan didalamnya ada ranjang-ranjang berkelambu. Pemondokan ini ada di Dusun Fatumnasi yang mempunyai udara cukup dingin. Oleh karena itu janganlah lupa gunakan jaket, kaos kaki tebal dan kupluk sebagai perlindungan.

Daya Ambil Gunung Mutis

Pendakian Yang Membahagiakan

Tingkat kesusahan pendakian Gunung mutis, termasuk enteng sampai moderat. Siapa saja dapat mendaki Gunung Mutis asal memiliki badan sehat dan keadaan fit. Latihan fisik standard saat sebelum pergi pasti membuat lebih santai saat pendakian. Trackking pole tidak begitu diperlukan.

Sebelum capai pucuk gunung, pendaki akan lewat daratan Leol Fui lebih dulu. Di daerah ini ada tanah yang lega dan padang rumput hijau yang luas. Dengan keadaan itu membuat benar-benar pas untuk jadi sebagi tempat membangun tenda.

Dan rupanya dari tempat padang Padang Leol Fui ini, pendaki dapat menyaksikan pucuk mutis secara jelas. Selanjutnya, di kaki gunung mutis yaitu di dusun Nenas ada permukiman masyarakat yang dapat jadi sebagi tempat untuk menginap. Ditambah masyarakatnya cukup ramah dan akan suka hati jadi guide pendakian.

Sepanjang, perjalanan ke arah pucuk Mutis, pendaki akan disuguhi oleh panorama yang paling eksotis, berselimutkan kabut. Perkebunan dan ladang-ladang warga yang teratur dengan bagus akan membuat pendakian berasa membahagiakan.

Sesampai di Pucuk juga, beberapa pendaki bisa juga langsung melihat beberapa pulau yang berada di seputar Pulau Timor. Salah satunya Pulau Alor dan Oekusi Timor Leste. Dan yang paling khusus sudah pasti pemandangan terbitnya matahari yang benar-benar memesona.

Hutan Bonsai

Rimba di seputar Gunung mutis, ada yang populer bernama Rimba Bonsai. Nama itu berawal dari wujud tanaman dalam rimba itu. Oleh karena itu, banyak yang menyebutkan rimba di lereng Mutis ini dengan rimba bonsai karena ukuran kayunya. Ada pula yang menyebutkan dengan rimba Ampupu, karena banyak diketemukan tumbuhan ampupu atau Eucalyptus urophylla.

Ketika ada rimba bonsai ini pengunjung dapat melihat panorama alam yang cantik di tiap sudutnya. Ditambah posisinya yang ada lumayan jauh dari keramaian kota sanggup membuat siapa saja berasa semakin tenang dan fresh kembali.

Selanjutnya, pohon-pohon di tempat ini mempunyai ranting daun yang menjulur bersinggungan keduanya. Tangkai pohonnya juga sangat unik dengan wujud yang meliuk dan akarnya penuh banyak dengan lumut hijau. Jika jadi perhatian pohon-pohon yang tumbuh di rimba ini benar-benar serupa dengan bonsai yang umum dipasarkan, namun ukuran lebih besar.

Bahkan juga, bnyak yang mengakui bila pohon-pohon yang unik itu di-claim ialah salah satu di Indonesia. Di lain sisi, lumut yang yang tumbuh pada pohon-pohon ini mempunyai struktur yang cukup kasar dan mempunyai ukuran yang semakin besar dari lumat pada umunya.

Bila mujur, pengunjung yang tiba saat musim anggrek berbunga, akan disuguhi dengan bunga anggrek yang bermekaran di batang-batang pohon-pohon rimba bonsai ini.

Menikmati Sunrise

Kalau ingin menyaksikan sunrise di Padang 1 dianjurkan pergi dari homestay optimal jam 04.45. Sudah pasti dengan kenakan pakaian hangat. Pengunjung tak perlu jalan kaki. Ada sarana mobil 4WD yang dapat dicarter ke arah posisi.

Perjalanan melalui rimba pada jalan berliku dan naik, kadang berbentuk cengkungan yang cukup dalam. Tipe lajur beginilah yang enyebabkan mengapa harus mobil 4WD. Perjalnan memerlukan waktu seputar 1 jam.

Hingga sampai lah pada tempat untuk melihat matahari menyembul dari ufuk timur. Tempat berbentuk padang sabana luas di kaki Gunung Mutis yang disebutkan Padang 1.

Perlahan cahaya mentari ada antara sela bukit-bukit dan menerpa karpet alam yang hijau yang terasanya tidak bertepi. Angin dingin menyerang seakan-akan terlewatkan untuk menyaksikan peristiwa pagi yang benar-benar fantastis.

Object Rekreasi Dekat Pucuk Mistik Raja Timor Gunung Mutis

Kecuali Gunung mutis, kabupaten Tomir tengah Selatan mempunyai bermacam tempat wisata lain. Salah satunya yang terkenal ialah Pantai Oetune. Pantai ini jadi favorite pelancong karena mempunyai pasir yang bersih dan terhampar luas di tepi pantai.

Keelokan pantai ini kerap disetarakan dengan padang pasir di daerah Timur tengah. Pantai ini terlihat demikian unik karena lebih seperti gurun pasir daripada pantai. Ini karena pasir pantai yang datang membuat gundukan -gundukan bukit hingga membuat terlihat seakan gurun pasir.

Walaupun Pulau Timor populer sebagai darah cuaca sabana tropis yang relatif kering, tetapi rupanya Kabupaten Timor tengah Selatan mempunyai air terjun. Diantaranya ialah Air Terjun Oehala. Tempat ini demikian asri, hingga membuat kerasan untuk lama-lama pada tempat ini.

Dingin air dan sunyi situasi tempat ini membuat pemikiran dan hati ini jadi tenang untuk nikmati saat-saat cantik berlibur.

Nach bagaimana? Apa anda ingin tahu dengan keelokan yang berada di Gunung Mutis ini? Apa gunung ini telah masuk di dalam perincian perjalanan dan penjelajahan?

Jika iya,langsung persiapkan hari liburan, persiapkan anggaran seperlunya. Beres-beres dan langsung pergi!