Landmark Lambang Keagungan Wanita Lampung

Landmark Lambang Keagungan Wanita Lampung

Landmark Lambang Keagungan Wanita Lampung – Menara Siger ialah landmark Propinsi Lampung sekalian titik km 0 Pulau Sumatera.

Menara ini dengan penuh kebanggaan dinamakan Menara Siger, sesuai nama mahkota wanita Lampung. Landmark Menara Siger disahkan oleh Gubernur Sjahroedin Z.P. pada 30 April 2008.

Menara Siger, Landmark Lambang Keagungan Wanita Lampung

Wujud ini mengadopsi wujud mahkota pengantin wanita (siger) dalam tradisi Lampung.

Sedang, puncaknya yang sejumlah sembilan ialah simbolisasi sembilan bahasa yang ada pada warga Lampung. Kerucut di bagian tengah memiliki ukuran semakin besar serta lebih tinggi sebagai pucuk dari menara ini.

Baca Juga: Hiasan Alam Yang Cantik Dusun Mangunan

Bila seberang dari Dermaga Merak ke Bakauheni, menara ini akan kelihatan dari terlalu jauh. Jadi penanda akan selekasnya memijakkan kaki di tanah Lampung. Bila kebenaran lewat di saat subuh dan cuaca sedang ceria, pengunjung berpeluang untuk nikmati cantiknya matahari keluar dari pelataran samping timur Menara Siger ini.

Posisi Menara Siger

Objek Rekreasi Menara Siger di Lampung Selatan Lampung adalah tempat rekreasi yang ada di Bukit Gamping, Kecamatan Bakauheni, Kabupaten Lampung Selatan.

Bangunan ini berdiri membubung di ketinggian 110 mtr. di permukaan laut dan berada pas menghadap gerbang masuk Dermaga Bakauheni.

Jalur Ke arah Menara Siger

Fasilitas transportasi apa yang dapat digunakan ke Objek Rekreasi Menara Siger di Lampung Selatan dapat Mobil atau sepeda.

Bila pengunjung pilih menggunakan kendaraan umum misalnya : bus umum atau angkutan yang lain bukan permasalahan. Pengunjung dapat stop di terminal bis kota atau dusun arah. Kemudian meneruskan dengan memakai ojek atau kendaraan individu anda ke arah posisi Menara Siger.

Jam Membuka Landmark Lambang Keagungan Wanita  Menara Siger

Menara Siger dibuka untuk lawatan tiap hari, start pukul 06.00 sampai jam 24.00.

Ticket Menara Siger

Agar bisa naik ke salah satunya menara, pengunjung disuruh bayar ticket dengan harga Rp 5.000,-.

Sarana Menara Siger

Objek Rekreasi Menara Siger di Lampung Selatan Lampung dapat disebut sebuah rekreasi bangunan menara yang mempunyai sarana komplet. Pengurus sediakan sarana dan servis salah satunya: Tempat Parkirkan kendaraan, Masjid, Kamar mandi / MCK.

Bahkan juga untuk kenyamanan yang pleno, di seputar posisi ini lebih banyak ada pemondokan dan rumah makan.

Rutinitas Menarik di Menara Siger

  1. Bangunan Dengan Bermacam Arti

Sesuai namanya, menara dengan warna supremasi kuning dan merah ini mempunyai wujud seperti siger. Siger ialah mahkota tradisi pengantin wanita di Lampung. Serupa sama yang berada di tanah Minang di mana dinamai suntiang.

Ketidaksamaan siger dengan suntiang, siger mempunyai jumlah sundul atau puncak kecil sekitar tujuh buah. Menurut narasi masyarakat lokal, tujuh puncak di mahkotanya berasal dari 7 gunung di Lampung. Gunung itu dipercayai sebagai tempat asal mula nenek moyang atau leluhur warga Lampung.

Posisi awalnya itu yang membuat warga membuat barisan semasing. Ada juga yang mengasumsikan asal mula Mahkota Siger dihubungkan dengan Balaputra Dewa. Raja Sekala yang disebutkan Selopun.

Yakni sebuah wilayah di Lampung sebagai rumah situs Batu Brak sisa permukiman dari batu. Balaputra Dewa membuat siger sebagai miniatur Borobudur untuk istrinya Pramodya Wardhani, putri Samaratungga.

  1. Memiliki Ketinggian 32 Mtr.

Bangunan Menara Siger membubung setinggi 32 mtr. di atas ketinggian Bukit Gamping yang membubung setinggi 110 mtr. di permukaan laut. Bangunannya yang tinggi dan berada di lokasi yang tinggi, tidak mengejutkan bila Menara Siger kelihatan terang dari Dermaga Bakauheni.

Di Menara Siger pegunjung akan dibuai dengan angin sepoi yang terhembus yang makin syahdu bersatu dengan elok panorama Teluk Lampung dan Selat Sunda. Hadirnya rangkaian kepulauan, beberapa kapal yang kelihatan kecil semakin menarik dan membuat kerasan habiskan waktu di situ.

Pengunjung dapat naik ke atas ke tempat menara. Demikian masuk dalam menara itu bakal ada hiasan-hiasan mengenai rekreasi Lampung dan ada aquarium sebagai percantik. Dalam ada toko souvenir.

Pengunjung dapat naik ke pucuk menara untuk melihat luasnya Selat Sunda dan Gunung Rajabasa. Anda dapat nikmati sunrise bila Anda tiba pada pagi hari, tentu sangat indah saat matahari mulai memperlihatkan dianya.

  1. Tempat Santai

Menara Siger dibuat dengan tinggi 32 mtr., panjang 50 mtr. dan lebar 10 mtr.. Ada seputar 5 tingkat dengan beberapa ruang yang perannya berbeda. Diantaranya dipakai sebagai Pusat Info Budaya dan Pariwisata Lampung.

Pengunjung yang tiba ke Lampung dengan seberangi Selat Sunda juga dapat singgah ke Menara Siger. Posisi ini gampang dicapai dari Dermaga Bakauheni. Saat di Menara Siger, pengunjung dapat istirahat sesaat. Sambil mendapatkan bekal info pariwisata yang lumayan komplet saat sebelum menelusuri Lampung.

Disamping itu, dengan posisinya yang berada di atas bukit, pengunjung bisa santai sesaat sekalian nikmati panorama pesisir Lampung dari ketinggian. Pemandangan Selat Sunda yang cantik tentu saja kelihatan disini.

Pengunjung umumnya beberapa foto dengan latar Menara Siger yang istimewa dan unik. Photo ini sekalian jadi bukti jika pelancong telah memijakkan kaki di tanah Lampung.

  1. Kontruksi Tahan Gempa

Walaupun menara singer berupa menara tinggi, dan berada di wilayah riskan gempa, pengunjung tak perlu cemas masalah keandalan menara ini hadapi gempa. Menara dibuat dengan teknik banguan jala laba-laba.

Dengan tehnik pembangunan memakai mekanisme ferrocement, bangunan ini dipercaya tahan hempasan angin dan guncangan gempa. Peningkatan Mahkota Siger tidak memakai semen curahan cor, untuk kurangi beban, tetapi dengan jaringan kawat seperti jala laba-laba yang tetap kuat sebagai susunan bangunan.

  1. Nol Km Sumatera

Biasanya tiap wilayah mempunyai dasar titik 0 km berbentuk monumen pertanda jarak. Monumen itu bukan hanya jadi sebagai pertanda, tapi juga sebagai tempat wisata. Titik 0 km dibutuhkan sebagai pertanda jarak dari pusat perkotaan ke wilayah lain disekelilingnya. Umumnya, titik 0 km diikuti oleh monumen atau bangunan tertentu.

Menara Siger ialah menara sebagai titik 0 di selatan Sumatera. Menara ini disahkan pada 30 April 2008 oleh Gubernur Lampung waktu itu. Dengan landmark menara sebagai kebanggan warga Lampung ini sudah jadi landmark dan salah satunya tempat wisata di Lampung.

Jika pengunjung berjalan ke bawah dengan menuruni tangga Menara Siger, maka mendapati tugu 0 km Sumatera. Dari tempat ini, pengunjung bisa juga tahu info sekitar jarak. Seperti jarak Bakauheni ke Banda Aceh capai 2.652 km.

Object Rekreasi Landmark Lambang Keagungan Wanita Dekat Menara Siger

Untuk tempat wisata di dekat Menara siger, pengunjung dapat pilih Tanjung Tua. Posisi ini memiliki jarak 23 km dari Menara. Beberapa spot photo bisa kamu temui di pantai tanjung tua, dimulai dari tanjungan pantai yang menjuru ke tengah laut sampai rumah pohon dan ayunan dekat pantai data kamu cicipi di pantai ini.

Sedikit lebih jauh, dalam jarak 27 km ada Pantai Belebuk. Pantainya yang bersih dan airnya yang jernih bisa juga jadi beberapa argumen penghujung untuk tiba berekreasi ke pantai ini.

Jadi nantikan apa lagi? Mari ajak rekan keluarga untuk liburan di Lampung. Mudah-mudahan artikel kami ini bisa berguna dan berlibur anda bisa membahagiakan. Terima kasih